Minggu, 09 November 2008

Syamsuri, SE, PNS yang Jadi Seniman Musik

>

Syamsuri terlahir di Pulau Kijang Kab.Indragiri Hilir Riau pada tanggal 19 Agustus 1963. Di kota ini, anak dari H. Bachman Kardi ini menyelesaikan pendidikannya di SD – SMP. Tamat dari SMPN I Pulau Kijang, Syamsuri yang pernah menyabet predikat sebagi pelajar teladan Propinsi RIAU pada tahun 1979 dan mendapat beasiswa dari AJB Bumi Putra ini meneruskan pendidikannya di SUPM Bogor.

Syamsuri yang mengaku sebagai anak yatim piatu (karena ditinggalkan sang bapak tahun 1975 dan ditinggalkan sang ibu Hj.Jumaiyah tahun 1977 ) ini, selama menempuh pendidikan di SUPM menjadi penghuni abadi asrama. Maklum saja, selama tiga tahun tak pernah pulang kampung. Oleh karena itulah lelaki mungil yang mengaku leluhurnya berasal dari Kota Barabai, Kalimantan Selatan ini kerap dijadikan "Satpam" guru di SUPM yang mudik ke kampung halamannya saat liburan atau hari raya. "Saya pernah jadi 'satpam' di rumah Pak Hartono, Bu Armaeni dan Bu Gati," katanya suatu ketika.

Selama menjadi siswa SUPM, suami dari Elly Kartikawati ini dikenal sebagai pemain gitar yang mumpuni. "Sejak SMP saya sudah main gitar dan ikut band," akunya. Oleh karena itu, wajar saja bila ayah tiga orang anak ini pada kurun waktu 1980 – 1983 menjadi anggota utama vocal group SUPM Bogor dan beberapa kali mengikuti lomba dan selalu menyabet juara. "Saat perpisahan 1983 saya sempat menciptakan sekaligus menyanyikan lagu Untukmu Almammater," katanya mengenang

Tamat SUPM dari Bogor, ayah dari Felyta Samely Putri, Fadhlan Maulana dan Fajar Ilham Maulana ini ditugaskan di Jambi bersama Iwan Jaya, Joni Habib dan Syaiful sebagai PPL NAEP (honorer). Dan baru pada tahun 1986 diangkat sebagai PNS di Bimas Propinsi Jambi. Sambil bekerja, Syamsuri yang saat di SUPM rambutnya sudah bewarna putih ini kuliah di Universitas Terbuka (UT) jurusan Ekonomi Studi Pembangunan dan lulus tahun 1993.

Selama meniti kareier sebagai PPL, Syamsuri pernah beberapa kali menerima piagam penghargaan sebagai PPL Teladan, baik dari Gubernur Jambi (1984) maupun Walikota Jambi. Selain itu, PPL yang kini banting stir menjadi pegawai struktural sebagai Kasi Produksi di Subdin Perikanan Dinas Pertanian Kota Jambi ini juga sudah menerima Satya Lencana Kesetiaan 15 tahun dari presiden SBY.

Di sela-sela aktivitasnya sebagai PNS, Syamsuri masih meneruskan hobinya di bidang seni suara dan bermusik di Jambi. Di antaranya pernah bergabung dengan Family Vocal Group dan Band Gomes Group sebagai pemukul drum. Pernah juga ikutan lomba cipta lagu prambors (1986) membuat dua lagu Kerinduan dan Hasrat yang masuk nominasi mewakili propinsi Jambi. "Saya juga sudah hampir satu dasawarsa ini ikut dalam pengembangan seni budaya Jambi, baik sebagai pencipta lagu daerah maupun sebagai penata musik tari," katanya sambil menambahkan, sampai saat ini dirinya masih aktif bermain musik di Bengkel Musik Taman Budaya Jambi, Sanggar Mindulahin, dan Tim Kesenian Pemerintah Kota Jambi.

1 komentar:

Munandar mengatakan...

Hebat bang!
Ajarin saya dong!!!