Sabtu, 01 November 2008

Ir. Bambang Gunadi, M.Sc Peneliti Muda yang Calon Doktor




Bambang Gunadi terlahir di Magetan, Jawa Timur tanggal 8 Mei 1965. Sekolah SD – SMP diselesaikannya di Magetan. T ahun 1980 hijrah ke Bogor masuk menjadi siswa SUPM Bogor. Selama menjadi siswa di SUPM Bogor, Bambang dikenal pendiam dan lebih suka menghabiskan waktunya di kamar membaca buku. Oleh karena itu, wajar saja bila nilai raportnya selalu bagus. Selain dikenal pintar, perjalanan Bambang selama di asrama Cikaret juga selalu lurus-lurus saja. "Dia termasuk anak baik dan tekun dalam beragama selama di SUPM," ujar Agus Rochdianto, saat reuni lalu.

Tamat di SUPM Bogor tahun 1983, pria berkulit gelap ini menduduki ranking I sehingga bisa mulus masuk IPB lewat jalur khusus. Setamat dari IPB, Bambang sempat mengabdi bekerja di almamater dan dapat berkah menyunting Dra. Ely Muflihah yang tak lain adalah anak Pak Badrudin yang saat itu tinggal di sebelah selatan masjid SUPM. Ely bersama kakaknya Nanan, merupakan cewek remaja penghuni komplek SUPM yang pada awal tahun 1980-an banyak ditaksir siswa SUPM. "Untuk menyunting Ely saya tidak perlu harus menuliskan namanya di sketer, buku maupun ranjang asrama," aku Bambang bangga sambil menyindir salah seoarng kakak kelas di SUPM Bogor yang saat itu sempat tergila-gila pada Nanan, kakak Ely


Seusai mengabdi di almamter, bapak lima orang anak ini akhirnya diterima menjadi PNS di Balitkanwar Sukamandi. Saat bekerja di Balitkanwar ini, pemilik email: bgunadi@dkp.go.id dan bgunadi@telkom.net ini akhirnya berkesempatan melanjutkan kuliahnya secara gratis di Thailand dan meraih gelar M.Sc. Saat ini, Peneliti Muda di Loka Riset Pemulkiaan dan Teknologi Budidaya Perikanan Air Tawar, Sukamandi ini tengah menempuh S3-nya di IPB. "Sekarang baru calon doktor, mudah-mudahan sebentar lagi bisa meraih gelar doktor," katanay berharap.


Dari hasil perkawinannya dengan Dra. Ely Muflihah, lelaki calon doktor ini dikaruniai lima orang momongan masing-masing: Hanifah Gunadi, Afifah Gunadi, Faishal Gunadi, Nauroh Gunadi dan Hasna Gunadi. Saat reuni 24 – 26 Oktober lalu, lelaki berjenggot yang rambutnya sudah memutih ini didaulat sebagai Ketua Alumnus Angkatan 1983 menggantikan Aep Gumiwa.

Tidak ada komentar: